BANDARA Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten berhasil menyabet penghargaan internasional Skytrax World Airport Awards 2021 sebagai peringkat 10 kategori World’s Best Staff Airport 2021.
“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh staf frontliner di Bandara Soekarno-Hatta, baik staf dari AP II maupun stakeholder lainnya, atas dedikasi menjalankan tugas,” ungkap Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, Minggu, 8 Agustus 2021.
Penghargaan ini kata dia, diberikan sejalan dengan kualitas staf frontliner di bandara mencakup perilaku, keramahan, dan efisiensi, dalam melayani pelanggan.
“Hal ini sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa bahwa Indonesia memiliki orang-orang terbaik dalam bidang airport hospitality experience,” jelasnya.
Menurut Awaluddin, inovasi juga dihadirkan dalam layanan kepada pelanggan di Bandara Soekarno-Hatta, seperti adanya personel digital officer with digital device, Video Customer Assistant (VICA), dan concierge express.
Adapun secara umum staf frontliner AP II yang bertugas di Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani berbagai kebutuhan penumpang pesawat dan pengunjung bandara yaitu;
Baca juga: Mengintip Kargo Jenazah di Bandara Soekarno-Hatta, Punya Nyali?
1. Service Quality Inspector
Bertugas untuk memastikan pelanggan dapat selalu mendapatkan seamless journey experience selama di bandara dengan mengukur, memantau, menganalisis aktivitas pelayanan di bandara. Selain itu, petugas juga melakukan tindak lanjut atas temuan yang menyangkut pelayanan di bandara.
2. Customer Service
Bertugas melakukan kegiatan pelayanan informasi di information counter atau melalui VICA (Video Customer Assistant), melakukan pengumuman terkait penerbangan dan non-penerbangan melalui Public Adress System, menangani kebutuhan pelanggan secara langsung maupun tidak langsung, dan juga melakukan pelayanan di VIP room.
3. Digital Officer With Digital Device
Petugas customer service yang dilengkapi dengan berbagai gadget untuk memastikan suatu isu dapat ditangani dengan baik agar tidak semakin besar
4. Golf Car Assistant
Bertugas memberikan layanan alat transportasi di dalam gedung terminal menggunakan golf car.
Baca juga: Vaksinasi Penumpang Pesawat di Bandara AP II Tembus 40.000 Orang
5. Aviation Security
Bertugas melakukan pengendalian dan pengawasan keamanan bandara termasuk melakukan pemeriksaan keamanan terhadap orang, barang dan kendaraan.
6. Land Transportation Assistant
Bertugas mengawasi dan memastikan terpenuhinya standar layanan pada Shelter Ground Transportasion dan Skytrain.
The post Keren! Bandara Soekarno-Hatta Raih World’s Best Staff Airport 2021 : Okezone Travel appeared first on ADIBA.ID.